Tungku Induksi

Pernakah terlintas dalam pikiran Anda tentang bagaimana nasib besi-besi rongsokan yang kita lihat di para pengepul yang sering dijumpai dijalan-jalan? akan diapakan besi-besi tua tersebut?

Begini.. besi rongsokkan tersebut akan diolah kembali menjadi besi-besi batangan (billet), di sebuah pabrik pengolahannya. Pabrik pengolahan ini akan mengolah besi-besi tersebut dengan cara dimasak (di lebur) menggunakan sebuah tungku yang dinamakan tungku induksi. Proses tungku induksi dalam proses pengolahannya (peleburan) menggunakan sumber tenaga listrik sebagai sumber tenaganya, yaitu dengan memanfaatkan teori induksi listrik.

gbr. dasar induksi

Tentunya kita semua pernah mempelajari perihal induksi listrik ini sewaktu sekolah SD dan SMP dulu, dalam pelajaran IPA. Yaitu ketika melilit sebatang paku dengan seutas kabel yang di hubungkan dengan dua kutub baterai, lalu paku tersebut dapat berfungsi menjadi magnet. Jika paku tetap terhubung dengan baterai beberapa saat lamanya, maka paku tersebut akan terasa hangat bila di pegang. Timbulnya panas pada percobaan ini semata-mata bukan hanya dari faktor kabel penghantarnya saja, tetapi juga disebabkan oleh nilai frekwensi yang terdapat didalamnya.

Nilai frekwensi dalam sebuah tungku induksi nilainya bisa mencapai 2000Hz, dan tegangan DC nya pun bisa diatur mengikut hingga mencapai 800VDC. Dalam hal pengaturan nilai-nilai listriknya (frekwensi dan tegangan), sebuah tungku induksi menggunakan komponen utama yang dinamakan "THYRISTOR" dalam panel sumber tenaga listriknya.

gbr. thyristor

Untuk menghindari lonjakkan tegangan dan arus secara mendadak yang disebabkan oleh sebuah beban (besi yang masuk secara tiba-tiba atau besi yang semakin banyak volumenya) dalam sebuah tungku induksi yang bisa menyebabkan rusaknya trafo sumber tenaga listriknya, maka di pasanglah beberapa kapasitor DC yang dipasang secara seri dan paralel.

gbr. kapasitor tungku induksi

Dalam penggunaan sumber arus dan tegangan listrik DCnya, Tungku Induksi ini melingkari bejana pemasak (berbentuk seperti sebuah semen coran sumur timba yang terbuat dari pasir cetakan khusus) dengan menggunakan pipa tembaga sebagai bahan penghantarnya. Dan pipa tembaga ini selalu di aliri oleh air termasuk kabel dan komponen peralatan pada panel sumber listriknya yang berfungsi untuk meredam panas yang akan ditimbulkan selama proses peleburan berjalan.

gbr. tungku induksi

Ketika Sebuah beban masuk dalam bejana pemasak yang di aliri oleh tegangan DC dan nilai Frekwensi yang telah diatur besarannya, maka nilai arus yang mengalir akan mengikuti besarannya sesuai dengan nilai beban yang masuk. Nilai frekwensi yang tinggi akan dapat menyebabkan sebuah beban dalam bejana pemasak tersebut melepaskan panasnya, sehingga panas yang ditimbulkan oleh beban tersebut justru dapat melelehkan beban itu sendiri. Karena panas yang dialami oleh beban akan semakin tinggi, hingga mencapai nilai titik leburnya.

Itu saja penggambaran umum tentang teknik peleburan besi ini, untuk pembahasan teknisnya akan saya postkan lain waktu. Karena waktu dan kesempatan saya yang serba terbatas.
_________________________________
Sumber: http://electric-mechanic.blogspot.com
Facebook

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

3 komentar:

Pebri Ebik mengatakan...

Pak bisa buatkan untik saya.pemanas induksi untuk memanaskan pipa sepanjang 1m diameter 4".
Pebriebik@gmail.com

Anonim mengatakan...

cara membuat pemanas induksi sederhana

http://sains420.blogspot.co.id/2016/12/cara-mudah-membuat-pemanas-induksi.html

Agus Rizal mengatakan...



PT.PURARI MITRA RAPUNZEL

General Trading, Ekspor / Import & Custom Clearance Import Service



Kepada YTH
Bapak / Ibu Pimpinan Perusahaan
di Tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan ada nya kegiatan import yang di lakukan oleh perusahaan saudara,kami dari PT. PURARI MITRA RAPUNZEL menawarkan jasa untuk proses yang beroperasi di Jasa Impor Bea Cukai, Laut Internasional dan Freight Forwading. Selain itu, Kami juga menyediakan Customs Clearance di Bandara serta Pelabuhan seluruh Indonesia.


Cara Impor Undername yaitu mengimpor barang dari luar negeri dengan meminjam perusahaan lain yang memiliki izin dan terdaftar di pabean.


Agar proses import berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya dipilih perusahaan yang reputasinya baik dan terpercaya, dan perlu dibuat Surat Perjanjian secara tertulis (Surat Indentor) dan jelaskan dalam perjanjian apakah ingin Q/Q atau langsung kepada penerima Undername.
kirim penjelasan ke supplier dan nyatakan bahwa perusahaan itu hanya ditunjuk sebagai pelaksanaan import saja, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman.


LAYANAN KAMI TERMASUK :

- UNDER NAME IMPORT

- BORONGAN IMPORT

- CUSTOMS CLEARANCE

- MELALUI UDARA DAN LAUT ( LOKAL / INTERNASIONAL )

- SEMUA JENIS BARANG,TERMASUK CARGO BERBAHAYA / PRIBADI

- MENGIMPORT MESIN BEKAS / SUDAH TERPAKAI

- CUSTOMS BARANG BEKAS.



KAMI TERDAFTAR DAN MEMPUNYAI LISENSI / IZIN IMPORT,DI ANTARANYA :

- SRP / NIK

- NPWP

- API-U

- IT BESI / BAJA

- NPIK ELECTRONIK

- LS / SNI / BARANG TIDAK BARU ( BEKAS )


Tanyakan ke shiper perihal Proforma Dokument i, e:

Packing List, Invoice, Bill of Lading/Air Way Bill,


Dan kemudian periksa serta konfirmasi dengan perusahaan undername dan jika perusahan undername menyatakan Tidak Masalah, maka barang siap dikirim dan pastikan kepada perusahaan undername siapa pengangkut (freight forwarder) barang tersebut sampai ke pelabuhan di Indonesia.
Setelah barang sampai ke pelabuhan di Indonesia, maka shipper atau agen forwarder di Indonesia menyiapkan dokumen untuk mendapatkan PIB (Pemberitahuan Import Barang) dengan sistim EDI/PPJK, lalu membayar bea masuk ke Bank, dan setelah itu hubungi EDI/PPJK untuk mendapatkan respon. Dalam hal ini hasil yang diperoleh ada dua kemungkinan, yaitu:


1. Jalur Hijau ‘green line’ :

Barang langsung dapat keluar setelah dokumennya diperiksa.
2. Jalur Merah ‘red line’ :

Barang perlu diperiksa fisiknya oleh Bea Cukai.


Setelah mendapat respon EDI/PPJK, baru mendapat deklarasi import (NOTUL) dari kantor pabean bahwa barang telah selesai diproses dan barang boleh keluar.


Jika barang impor mendapat NOTUL (Pajak Pertambahan Nilai), bayar dahulu pajak pertambahan nilai untuk mendapat SPPB (Surat Perintah Pengeluaran Barang) atau deklarasi import dari Imigrasi.
Seluruh dokumen import seperti PIB, Pembayaran Bea Masuk, kopi Air Way Bill, kopi Bill of Lading dan lain-lain diberikan kepada perusahaan undername, sedangkan kopiannya untuk pemilik barang.


Saya terap kan dan saya anjur kan melalui email ini,agar Bpk / Ibu dapat mengerti kata-kata dalam isi email dan dalam masalah import besi baja dan sejenis kayu dari luar ke indonesia,kami dari PT.PURARI MITRA RAPUNZEL siap mempenuhi ( Hs KODE QUOTA PI dan QUOTA IZIN KEHUTANAN ) besi baja dan segala kebutuhan dari luar,kami siap membantu nya.


Regards,


AGUS RIZAL

Marketing
Email : agus.purarimitraimport@gmail.com

Hp / Whatsapp : 0822 6112 5670 / 0853 6257 5095
Telephone   : +6221 8770 3907 / +6221 2282 2117

Jl. Raya Lapangan Tembak No.3B
Cibubur, Jakarta Timur 13710
Indonesia


www.purarimitrarapunzel.com/




Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template