Cara Membuat Sendiri Panel Kapasitor Bank Industri Menggunakan RVC ABB

Sebelum membaca artikel ini, pastikan  bahwa anda  telah memahami artikel saya dilabel Kapasitor atau pada artikel dibawah ini


Setelah itu mari kita memulai membuat sendiri sebuah panel kapasitor bank  industri sederhana yang tentunya tidak menggunakan komponen yang sederhana.. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Studi Kasus

Pada kasus ini, Pelanggan menggunakan atau memasang Transformator Step Down indoor 3 Phasa, 20kV/ 400V, dengan daya 1250 kVA. Trafo tersebut mampu mencapai arus nominal 1820 Ampere pembebanan, dan Pelanggan menggunakan MCCB pada panel utamanya sebesar 2000A yang terbagi lagi ke MCCB pembagi kebeban dalam area-area bangunan pabrik pelanggan.

Beban listrik yang digunakan pelangggan memiliki karakteristik dapat berubah-ubah arus beban pemakaiannya secara mendadak, karena memang pelanggan mempunyai mesin-mesin yang bertipikal mampu mencapai arus maximalnya beberapa saat.

Dalam kasus ini saya menggunakan metoda cara menghitung kebutuhan kapasitor bank maximalnya dengan cara menghitung 60% dari kapasitas trafo yang digunakan. Itu artinya bahwa, Jumlah kVAr yang harus disediakan sebesar 750 kVAr. (klik disini untuk mengetahui cara menghitungnya). Bila menggunakan PF Controller 12 step, maka kapasitor yang digunakan sebesar 12 x 60 kVAr

2. Peralatan dan komponen yang dibutuhkan


No.
Komponen dan Peralatan
Jumlah

   Kabel  

1
Kabel single Core 240mm²
*
2
Kabel NYAF (serabut) 35mm²
*
3
Kabel single core NYAF wire 1.5mm²
*
4
Skun SC kabel 240mm²
*
5
Skun Ring kabel 35mm²
*
6
Skun garpu kabel 1.5mm²
*

   Komponen Utama  

7
Power Factor Controller RVC ABB
1
8
Kontaktor khusus kapasitor ABB UA95 240V
12
9
Kapasitor Bank CLMD 63 ABB 50Hz,
(60kVAr, 525 Volt) atau
(80kVAr, 525 Volt plus Detuned Reactornya)
12
10
MCCB 1000A
1
11
NH Fuse 125A dan NH Holder
36
12
CT 2000A/5A
4
13
Amperemeter Analog 2000A/5A
3
14
Voltmeter Analog 400V
3
15
Busbar 3mm² x 20mm²
*
16
Busbar 5mm² x 50mm
*
17
Busbar Insulator
9

   Komponen Control  

18
MCB 6A
3
19
Kontaktor Mitsubishi S-N11 220V
1
20
Relay 8 pin 220V Omron MK2P-I
12
21
Relay 11 pin 220V Omron MK3P-I
4
22
Selector Switch 0|0
2
23
Led Pushbutton Switches 220V
12 (Red) 12 (Green)
24
Pilot Lamp (green, yellow, red)
3

 Peralatan Pelengkap Wiring Control  

25
Rel Component
*
26
Kabel Duck
*
27
Kabel Ties
*
28
Terminal Kabel TR-10
*
29
Exhaust Fan
1
30
Mata Bor 3, 6, dan 13
*
31
Mata Bor Holesaw 25mm²
*
32
Mur Baut Ring M2, M5 dan M12
*
33
Tang Skun
*

 Peralatan Pembantu  

34
Tang kombinasi
*
35
Tang potong
*
36
Multi tester
*
37
Obeng + dan -
*
38
Tespen
*
39
Pahat Baja
*
40
Gerinda
*
41
Bor tangan
*

 Bahan Box Panel  

42
Siku 60
*
43
Plat 5mm²
*

* : Sesuaikan jumlahnya

Berikut gambar dari peralatan dan bahan dalam pembuatan Panel Kapasitor Bank yang telah saya rangkum menjadi satu buah gambar.

klik gambar untuk memperbesar

3. Pembuatan Box Panel

Ada beberapa model panel kapasitor yang harus dipertimbangkan dalam pembuatannya, antara lain sejajar dan menumpuk, namun mengingat untuk kasus ini  dibutuhkan peralatan dan komponen yang berukuran cukup besar, maka saya menyarankan untuk lebih memilih model bertumpuk terpisah.

Disini saya tidak menjelaskan secara lebih rinci mengenai ukuran panel kapasitor bank yang akan dibuat, dikarenakan terbatasnya software dan waktu yang saya miliki. Namun sebagai gambaran dasarnya akan saya berikan seperti gambar-gambar dibawah ini.

gambar desain awal

gambar desain panel control

gambar desain panel kapasitor

gambar keseluruhan panel kapasitor

Satu lagi tips dari saya, yaitu membuat alat tekuk plat tembaga atau alat tekuk busbar untuk kebutuhan pembuatan panel kapasitor ini dan untuk panel-panel distribusi lainnya.. langsung saja simak gambarnya..

alat penekuk plat tembaga sederhana

Catatan:
Pada gambar-gambar diatas, saya menambahkan Harmonic Filter Reactor (detuned reactor) karena saya juga mempertimbangkan munculnya gelombang harmonik pada instalasi supply pelanggan yang bertipikal seperti yang telah saya sebutkan pada Studi Kasus diatas. Klik disini untuk mempelajari apa itu gelombang harmonik.

Jika anda merasa tidak memerlukan pemasangan Harmonic Filter Reactor, maka hanya tinggal membuat rak untuk kapasitornya saja. Namun saran saya sebaiknya membuat rak khusus untuk Harmonic Filter Reactor seperti gambar diatas walau tidak menggunakannya. Hal ini semata-mata hanya untuk mengantisipasi munculnya harmonik tinggi pada waktu yang akan datang. Klik disini untuk mempelajari apa itu gelombang harmonik.

Untuk lebih jelas mengenai ukuran dan bentuk panel kapasitornya, sebaiknya Anda membeli terlebih dahulu komponen dan peralatan  yang akan digunakan untuk mengetahui detail ukuran panelnya, dan menyerahkan pembuatannya pada bagian workshop.

4. Wiring interkoneksi Main Panel dan Panel Kapasitor

Wiring interkoneksi panel utama dengan panel kapasitor ini dapat dilihat pada gambar single line diagram dibawah ini..


gambar interkoneksi panel utama dengan panel kapasitor

Dan untuk gambar visualisasi penyambungan dari panel kapasitor ke panel utama, dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 

gambar interkoneksi main panel

Anda dapat menyesuaikannya sendiri dengan panel utama yang anda tangani dengan memperhatikan letak dan posisinya, agar tidak berada pada posisi yang menyulitkan ketika mengalami perbaikan.


5. Wiring Diagram Panel Control

Wiring diagram single line panel control sederhananya dapat dilihat pada gambar dibawah ini, dengan menggunakan RVC ABB.

klik gambar untuk memperbesar

Wiring diagram power factor regulator atau sering juga disebut power factor controller diatas, tidak menggunakan Led Pushbutton Switches 220V sebagai tombol on off manual untuk kontaktor kapasitornya. Karena secara fungsional RVC ABB ini sudah memilikinya.

Dan untuk membuat wiring diagram  RVC ABB dengan memindah fungsikan tombol on off secara real, maka anda sebaiknya membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Instalasi Power Factor Controller RVC from ABB. Disana saya telah jelaskan bagaimana gambar wiring diagramnya.

6. Setting Power Factor Controller RVC ABB

Sebenarnya saya ingin menulis tentang cara setting power factor regulator RVC ini dengan judul tersendiri karena mempunyai penjelasan yang cukup panjang, namun mengingat permasalahan setting ini terkait langsung dengan judul pembuatan panel kapasitor maka alangkah baiknya untuk membuatnya langsung disini dengan penjelasan yang singkat namun mudah dimengerti. Dan untuk mensetting Power Factor Controller RVC ini dapat dilihat terlebih dahulu pada gambar dibawah ini..

gambar  RVC ABB Quick Start


Keterangan gambar (perhatikan kode pergambar dipojok kanan bawah) :

#1 sampai #7 adalah keterangan tentang fungsi phisik dan pemasangannya.
#8 = Grafik setting Linear dan Circular pada sistem penghidupan otomatis kapasitor oleh RVC ABB
#9 =  Tabel setting C/k. 
 #10 = Gambar cara setting mode menu RVC ABB

10.1 = Jumlah cos phi yang sedang berjalan (tekan plus (+) untuk melihat dibawah ini
V rms : Tegangan yang ada
I rms : Besar Arus input dari CT (Current Transformer)
THD V : Total Harmonik Distortion terhadap tegangan
THD I : Total Harmonik Distortion terhadap arus

10.2 = Setting manual
Apabila dalam mode manual ini kita tekan plus (+) maka kapasitor 1 akan menyala setelah beberapa detik sesuai settingan. Dan bila menekan plus (+) kembali, maka kapasitor 2 akan menyala dan begitu seterusnya. Begitu juga sebaliknya bila menekan minus (-), maka satu persatu kapasitor akan mati.

10.3 = Setting automatis (tidak disarankan)

10.4 = Ada beberapa input mode seperti dibawah ini (lihat tulisan kecil disamping kanan):

cos phi
Jumlah cos phi terbaik yang diinginkan (tekan plus & minus untuk mensetting angkanya)

phase :
adalah wiring phase input (data input phase setting) berdasarkan urutan phasa dan letak pemasangan Current Transformer (CT) menurut tabelnya. Anda tinggal menyesuaikannya seperti pada tabel yang terdapat pada point #11

Anda juga bisa menyettingnya setelah semua terpasang (CT dan power input RVC) dengan mencoba satu persatu dari phase 0° sampai 330° sampai bertemu dengan angka yang realistis berkisar 0.65~0.99. Untuk menyettingnya lihat gambar dibawah ini.

gambar setting phase RVC ABB

Keterangan:
Dalam gambar dijelaskan cara mensetting phase dari mulai memeriksa input phase 0° dan lihat menu awal jumlah cos phi yang sedang berjalan (10.1) dengan menekan mode ±25x ±1 menit.

Setelah itu kembali ke input phase (tekan mode 4x) dan tekan plus (+) ke angka 30° lalu lihat kemenu awal 10.1 dengan menekan mode ±25x.
Setelah itu kembali ke input phase (tekan mode 4x) dan tekan plus (+) ke angka 60° lalu lihat kemenu awal 10.1 dengan menekan mode ±25x.
Setelah itu kembali ke input phase (tekan mode 4x) dan tekan plus (+) ke angka 90° lalu lihat kemenu awal 10.1 dengan menekan mode ±25x.
begitu seterusnya sampai ke angka 330° dan cermati hasilnya (catat dan ingat). 

Bila angka yang tercatat realistis yaitu berkisar "nol koma sekian" dan berubah lambat di angka "nol koma sekian" maka itulah jumlah input setting yang tepat. Tetapi bila angka yang tercatat yang didapat adalah berkisar antara "minus sekian koma sekian" dan berubah cepat keangka "nol koma sekian", maka input phase tersebut tidak tepat.

C/k :
Input perbandingan besar kapasitor yang dipakai dengan CT yang digunakan 

Contoh cara setting C/k:
Kapasitor yang saya gunakan adalah 60kVAr dan CT yang saya gunakan 2000A/5A, maka setting yang harus saya input untuk setting C/k nya adalah: 0.15 Anda dapat melihat ilustrasinya seperti pada gambar berikut:


Bila anda ingin menyetting nilai C/k ini sendiri boleh-boleh saja, asalkan besaran setting C/k ini dikisaran angka yang telah didapat, dan nilai cos phi yang dihasilkan nanti berjalan normal. Jika input setting sangat jauh dari perhitungan kisaran tabel, maka gerak penambahan dan pengurangan otomatis on off kapasitor akan menjadi cepat dan tidak teratur.

s (second) : 
Detik yang diinginkan untuk menyalakan kapasitor ketika RVC menghidupkannya. Tekan plus minus untuk merubah angkanya. Lama tidaknya waktu yang diperlukan untuk menghidupkan kapasitor ini tergantung besar tidaknya arus yang berjalan. Anda dapat mengamatinya terlebih dahulu di amperemeter sebelum memasukkan angkanya.

STEPS :
Menu ini berfungsi untuk menghidupkan dan menidakfungsikan salah satu step kapasitor. Angka 0 adalah pilihan untuk menidak fungsikan salah satu kapasitor yang diinginkan (lihat angka bulat diatas yang berkedip). Fungsi angka 0 ini akan dibutuhkan sewaktu-waktu bila kapasitor atau fuse diketahui  sudah tidak dalam kondisi yang baik dan kita sementara waktu belum sempat memperbaikinya.

Keterangan angka input
0 =  menidak fungsikan salah satu kapasitor yang diinginkan
1 = disetting bila keseluruhan kapasitor memiliki besar kVAr yang sama
2 = disetting apabila ada 2 buah kapasitor yang besarnya 1/2 dari 10 kapasitor laiinnya.
3 = disetting apabila ada 2 buah kapasitor yang besarnya 1/3 dari 9 kapasitor laiinnya.
4 = disetting apabila ada 2 buah kapasitor yang besarnya 1/4 dari 8 kapasitor laiinnya.

Masih pada gambar #10 tetapi pada menu ini lebih bersifat Proteksi terhadap kinerja RVC ABB ini. Berikut simak penjelasannya..
  • Cir : Circular untuk menghidupkan kapasitor secara acak terbalik
  • Lin : Linear untuk menghidupkan kapasitor secara urut
  • cos phi : Untuk memulai menghidupkan kapasitor dari batas cos phi terendah yang diinginkan
  • V rms Max : Batas tegangan tertinggi untuk mematikan otomatis sementara keseluruhan kapasitor sampai dengan tegangan kembali normal pada batas settingan.
  • V rms Min : Batas tegangan terendah untuk mematikan otomatis sementara keseluruhan kapasitor sampai dengan tegangan kembali normal pada batas settingan.
  • Max THD V : Batas Total Harmonik Distortion tertinggi terhadap tegangan yang timbul untuk mematikan otomatis sementara keseluruhan kapasitor sampai dengan THD kembali normal pada batas settingan.
Anda bisa merubah atau menonaktifkan pilihan-pilihan diatas dengan menekan plus (+) atau minus (-)

#11 = Gambar pilihan wiring connection menu phase

Demikian saja artikel Cara Membuat Sendiri Panel Kapasitor Bank Industri Menggunakan RVC ABB yang telah saya rangkum sendiri berdasarkan pengalaman saya. Dan untuk melihat salah satu desain dan foto asli panel control dan panel kapasitor buatan saya, dapat diklik disini

Terimakasih... semoga bermanfaat..

Sumber:
_______________________________
http://electric-mechanic.blogspot.com
Facebook

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

28 komentar:

rahmatriyanto.com mengatakan...

Siap-siap praktekin bareng temen-temen nih, untuk sementara ini mengumpulkan semua komponennya dulu, walaupun masih rada-rada bingung terutama pada masalah pengukuran-pengukurannya, namun semoga nanti bisa kami praktekkan secara bertahap. terima kasih atas kontribusi tutorianya, sangat memmbantu saya dan teman-teman kelompok saya. nanti jika ada pertanyaan mohon kami dibimbing karena masih dalam tahap belajar. makasihhh...

Achmad Solichin mengatakan...

sdh cukup bagus artikelnya untuk kalangan pemula...sebaiknya perlu ditingkatkan lagi pengetahuannya metode mencari besar daya kapasitor yang dapat didapat dari berbagai macam...semisal kwh dn kvarh ,, arus dan power factor pada beban puncak dsb...khususnya pemakaian fuse pada kapasitor 60 kvar terlalu kecil untuk menggunakan fuse sebesar 125 ampere....semoga bertambah pengalaman dimasa mendatang....sukses selalu

Ahmad Tahriz mengatakan...

Thanks untuk share ilmunya :) Salam kenal
Rajalistrik.com

nenny setiawan mengatakan...

Dear Bapak/Ibu Purcesing,


Salam SUKSES

Salam kenal dari kami PT DIGITECH HASANAH.
Dengan Hormat Kami ingin bekerjasama untuk support/suplai kebutuhan perusahaan.
Mohon maaf saya mengganggu waktu anda sedikit.
Saya ingin informasikan untuk penawaran produk SCHNEIDER.
Product yang kami jual sebagian besar specialist kepada perusahaan produsen panel.
Product kami di antaranya :


1.PLC
2.MCB
3.MCCB
4.Motor Starter & Sistem Proteksi Motor
5.Relay & Control
6.Detektor/Sensor
7.ACB
8.Power Supply
9.Kontaktor
10.Inverter
Dan lain-lain dari product SCHNEIDER.

Untuk mendapatkan harga terbaik silahkan hubungi kami.
Terimakasih atas peraianya dan kerjasamanya.


Warm regards,
Angga Setiawan
Sales Engineer
PT. Digitech Hasanah
Official Distributor of Schneider-Electric
Graha Cempaka Mas Blok B/36
Jl. Letjen Suprapto, Jakarta 10640
Tel. : (021) 4224432
Fax. : (021) 42879171
Mobile : +6282132889640
Email : marketing.digitech@hasanah-group.com

NENG TINI mengatakan...

Terimakasih Infonya sangat lengkap, kami produsen panel listrik di kenari menyediakan juga panel kapasitor bank dan panel lainnya.

Riska Putri Ayumi mengatakan...

keren gan,
makasih yah info nya,,,,
Daftar Harga dan Spesifikasi Mesin Terbaru

Widi Septian mengatakan...

Terimakaih atas informasinya gan. sangan bagus sekali. semoga bermanfaat bagi semua.
sekedar informasi, kami berbisnis electric home, bila berkenan silahkan kunjungi kami di :

http://www.rajalistrik.com

Terimakasih

Akbar Gumilar mengatakan...

terimakasih banyak infonya

salam Rajalistrik.com

Abimayu Galang mengatakan...

Para pen-jual mesin musti tau nih gan :D

aan mengatakan...

Thanks bos

aan mengatakan...

Thanks bos

nr.repair mengatakan...

mantab Gan,,,,!!! atas Ilmu yang dibagikan

jeffry mengatakan...

permisi, saya merupakan supplier matrial untuk panel box. kabel tembaga, kawat bc dengan harga super murah. bisa menghubungi saya Jeffry di 087886006204/ 082225559345

Daniel Chan mengatakan...

Subhanallah...

Achmad Solichin mengatakan...

Sekedar menambahkan dan share pengalaman untuk masalah kapasitor ..perlu diketahui bahwa tegangan jala jala diindustri besarnya bervariasi ada yang 380 V ada yang 390 V dan ada juga yang 400 V..Perlu dicatat bahwa pada kapasitor akan tertulis besarnya kvar dan besarnya tegangan , paling minimum kapasitor tertulis 415 V , sehingga jika tegangan yang dikenakan 380 V atau lebih rendah dari 415 V maka besarnya daya reaktive capasitor akan mengalami Derating. Sebagai contoh kapasitor 60 KVAR 415 V dipasang pada jala jala 380 V maka besar daya reaktive kapasitor sekarang menjadi (380 / 415 ) kwadrat x 60 Kvar = 50,30 kvar..semoga bermanfaat

salman alfarisi mengatakan...

Thanks infonya gan, bermanfaat
boleh mapir ke web kami agan2 http://www.dmbstore.co.id/
terimakasih

Farah Shaikh mengatakan...

Thanks for sharing this extremely informative article on abb distributors in uae. I recently read about abb distributors on website called aiwa.ae. I found it extremely helpful.

SlameT WieD mengatakan...

Info yang bermanfaat banget.
Untuk pemesanan dan pembuatan PANEL LISTRIK
area Semarang - (JawaTengah)
silahkan hub. 0815-7535-4422.
Nuwun

farctal creative mengatakan...

Terimakasih sharing ilmunya gann.., jika agan agan ada kebutuhan kabel (power, control, instrument dll) lokal/impor bisa menghubungi saya di 081380562366 atau email ke: aguss1979@gmail.com

Agsa aradhana mengatakan...

Kira2 berpa ya biaya buat pasang seperti ini???

Agsa aradhana mengatakan...

Boleh hub saya di 082225108501 via WA,

Yadi Mulyana mengatakan...

Bagi yg butuh...
Jasa Wiring & Rakit Panel Area CIKARANG, Silahkan Hubungi 085777839042

Siska Purnamasari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Siska Purnamasari mengatakan...

minta infonya master

Klu kontrolnya pakai Reactive power regulator S5-120 D gimana cara settingnya mastetr?

Hamidun Bunga Padang mengatakan...

Very jobs. Excelent... Thanks and best regards

Muhammad Hasanudin Abdul Qodir mengatakan...

mantaaaaap ......

Mr Big N mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yadi Mulyana mengatakan...

@Siska Purnamasari
Bagi yg butuh...
Jasa Wiring & Rakit Panel Area CIKARANG, Silahkan Hubungi 085777839042

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template