InterLock Kontaktor / On Off Kontaktor


Sebelumnya klik disini untuk mempelajari simbol-simbol gambar teknik listrik. Lalu perhatikan gambar dibawah ini:


Apa yang akan terjadi ketika tombol ditekan?

Pada gambar terlihat Kontaktor dan Relay saling terhubung, tetapi pada Relay terlebih dahulu terhubung pada NO dari Kontaktor. Ketika tombol ditekan maka arus listrik akan mengalir ke koil Kontaktor dan mengalir juga pada Relay karena NO dari Kontaktor akan berubah menjadi NC dan mengalirkan arus listrik ke koil Relay. Akan tetapi ketika tombol di lepas maka kedua peralatan tersebut (Kontaktor dan Relay) akan mati dan tidak bekerja.

Kesimpulannya: semua aktivitas kerja dua peralatan itu tergantung pada kerja tombol.

Perhatikan kembali gambar di bawah ini..


Pada gambar tersebut NO dari Kontaktor saya pindahkan dan diparalelkan dengan tombol, dan Relay pun menjadi paralel dengan Kontaktor. Maka ketika tombol ditekan maka arus listrik akan menghidupkan Kontaktor, selain itu perhatikan NO dari Kontaktor.. YAHHH... NO Kontaktor menjadi NC dan mengalirkan juga arus listrik dari sumber. Maka ketika tombol dilepaspun arus listrik tetap akan mengalir pada rangkaian.

Kesimpulannya: arus listrik aka tetap mengalir pada rangkaian walaupun tombol dilepas.

Lalu bagaimana mematikan arus listriknya? perhatikan gambar dibawah ini


Yahhh... hanya butuh tombol pemutus NC yang terhubung sebelum arus listrik ke tombol penghubung. Karena pemutusan arus listrik sesaatpun bisa memutuskan arus listrik pada rangkaian..

Kesimpulan:
Rangkaian ini disebut juga rangkaian InterLock Kontaktor atau sering juga disebut DOL Starter. Rangkaian ini adalah rangkaian dasar dari semua sistem pengendali yang sangat pasti membutuhkan sebuah rangkaian untuk menghidup- matikan kan sebuah sistem pengendali kelistrikan.

Klik disini untuk mempelajari lagi pengembangan rangkaian interlock kontaktor.. atau klik disini bila ingin melihat foto gambar pengkabelan rangkaian interlock kontaktor ini..

_________________________________
Sumber: http://electric-mechanic.blogspot.com
Facebook
klik disini untuk mengetahui bagaimana mengubah kondisi finansial anda dengan cara sederhana.... klik disini

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template