Foto Gambar Pengkoneksian / Penyambungan Rangkaian Kontaktor

Artikel sederhana ini saya tulis sebagai pelengkap dari tulisan-tulisan saya sebelumnya, dimana saya hanya menggambar wiring diagramnya saja sebagai penjelasan dari sebuah pembahasan, tanpa melampirkan foto gambar penyambungannya atau pengabelannya. 

Sebelum membahas ini, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu macam-macam peralatan yang diperlukan berikut juga letak-letak input, NO dan NCnya. Sehingga akan lebih mudah untuk memahami pengkoneksiannya untuk membuat sebuah rangkaian kerja kontaktor. Bisa dilihat pada artikel sebelumnya..

Dalam tulisan ini saya sengaja tidak memasukkan foto-foto asli, dikarenakan hasil yang diambil pasti mempunyai kualitas gambar yg tidak bagus, sehingga menyulitkan para pembaca untuk mengenalinya secara detail. Disini Saya mengambil gambar foto yang telah saya edit dan tambahkan beberapa keterangan yang cukup jelas.

Sebagai permulaan, saya berikan sedikit gambar foto dari masing-masing peralatan yang akan dibuat rangkaiannya:


Kontaktor = input A1&A2, NO dan NC

Soket Timer, Relay dan Digital Counter relay
(gambar soket relay rangkaian kontaktor, bukan soket relay instrument)


Thermal Overload Contact Relay


Tombol (Push Botton) = NO NC

Dikarenakan pembahasan ini membutuhkan tulisan yang agak panjang, maka saya membuatnya menjadi 2 (dua) judul. Dan untuk lebih jelasnya tentang Foto Gambar Pengkoneksian atau Penyambungan Rangkaian Kontaktor yang dimaksud, Anda dapat membacanya pada artikel saya berikutnya,yang sudah saya ranngkum menjadi satu. Berikut judul-judul foto gambarnya..

Penyambungan Rangkaian Motor On Off (interlock)
Penyambungan Rangkaian Motor Star Delta (Bintang Segitiga)
Penyambungan Rangkaian Motor Forward Reverse (bolak balik)
Penyambungan Rangkaian Motor Off dengan Timer
Penyambungan Rangkaian Motor Work Interchangeably (Kerja Bergantian)


terimakasih.. selamat belajar...

_______________________________________
Sumber: http://electric-mechanic.blogspot.com
Facebook

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template