Kapasitor Bank Industri

Kapasitor Bank adalah beberapa sekumpulan sekumpulan kapasitor yang dihubungkan paralel dengan rangkaian beban. Bila rangkaian itu diberi tegangan maka elektron akan mengalir masuk ke kapasitor. Pada saat kapasitor penuh dengan muatan elektron maka tegangan akan berubah. Kemudian elektron akan ke luar dari kapasitor dan mengalir ke dalam rangkaian yang memerlukannya dengan demikian pada saaat itu kapasitor membangkitkan daya reaktif.

gambar single kapasitor

gambar struktur kapasitor clmd 63 ABB


Bila tegangan yang berubah itu kembali normal (tetap) maka kapasitor akan menyimpan kembali elektron. Pada saat kapasitor mengeluarkan elektron (Ic) berarti sama juga kapasitor menyuplai daya reaktif ke beban. Karena beban bersifat induktif (+) sedangkan daya reaktif bersifat kapasitif (-) akibatnya daya reaktif yang berlaku menjadi kecil.

Secara umum beban yang sering digunakan, terutama pada industri, adalah beban induktif, seperti motor listrik, lampu TL, heater dsb. Dengan adanya beban induktif ini menyebabkan nilai cos phi yang rendah. Standar dari PLN adalah minimal 0.85. PLN akan membebankan biaya kelebihan pemakaain kVARh pada pelanggan, jika faktor daya (cos phi) nya kurang dari 0.85



Untuk memperbaiki faktor daya ini, maka digunakan kapasitor bank, yang berfungsi sebagai kompensator dari beban-beban induktif. Dalam memperbaiki nilai cos phi ini, diperlukan sebuah alat kontrol automatis yaitu "Reactive Power Regulator" klik disini untuk membaca tentang Reactive Power Regulator.

Selain itu fungsi lain dari pemasangan Panel kapasitor Bank :Menghilangkan Denda / Kelebihan Biaya (kVArh). (klik disini untuk mengetahui tentang denda kVArh). Dan manfaat dari pemasangan kapasitor bank antara lain adalah:

* Menghindari kelebihan beban transformer / trafo over load
* Menghindari kenaikan Arus / Suhu pada kabel,
* Memaksimalkan Pemakaian Daya yang terpasang (kVA),
* Menghindari voltage drop pada Line end,
* Meningkatkan kualitas sumber daya listrik,
* Memelihara peralatan / perangkat electric yang terpasang.

Kesimpulannya : Kapasitor BUKAN alat untuk menghemat ENERGI = kWH, tetapi alat untuk menurunkan arus listrik yang mengalir, dengan cara memperbaiki faktor daya. Klik disini untuk mengetahui bagaimana cara membuat sendiri panel kapasitor bank industri

____________________
Sumber:
Facebook

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

3 komentar:

Yahja Panggei mengatakan...

trimakasih tlh brbagi..ijin copy ya

Rizaldi yoseph mengatakan...

makasih sudah berbagi

Asyraf Anuar mengatakan...

Assailants boleh tolg X..3 jenis kapasitor bank

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template