Control Direct Online Starter atau DOL Starter

Direct Online Starter adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang berarti “Langsung Nyala”. Jenis kontrol ini adalah metode pengaturan yang paling dasar sekali dalam dunia kendali-mengendalikan motor. Biasanya digunakan untuk proses yang cuma membutuhkan motor bisa dihidupkan kapanpun dimanapun semua suka dengan arah putaran tertentu, jika ingin bisa dua arah ada kontrol maju-mundur atau yang dinamakan “forward-reverse”.




Sebenarnya kontrol DOL Starter ini pernah saya bahas sebelumnya, namun saya tidak memakai istilah DOL Starter dalam pemaparannya, dikarenakan saya ingin para pembaca dapat memahami secara bertahap mengenai dasar sebuah sistem rangkaian pengendali dan seluk beluknya, dan juga untuk menaikkan rangking pencarian blog saya di google dengan kata kunci yang umum digunakan
Untuk melihat tahapan tahapan dan pembahasan tentang kontrol DOL Starter silahkan klik posting posting saya terdahulu berikut ini:
  1. Rangkaian Pengendali dan Rangkaian Utama
  2. Interlock Kontaktor
  3. Wiring Diagram Star Delta
  4. Pengaplikasian Kerja NO dan NC Proteksi Motor Listrik
  5. Wiring Motor Bolak Balik (Forward Reverse)
  6. Foto Gambar Pengkoneksian / Penyambungan Rangkaian Kontaktor
____________________________________
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Direct_on_line_starter
http://electric-mechanic.blogspot.com
Facebook

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template