Digital Counter Relay

Digital Counter Relay atau juga Electronic Counter Relay adalah salah satu peralatan kontrol semi digital yang banyak digunakan pada mesin mesin produksi ringan, umumnya mesin yang membutuhkan akurasi jumlah produk dan khususnya mesin mesin yang mengandalkan gerak putar dalam mengemas produk produknya. Counter Relay ini kompatible dengan berbagai macam jenis sensor, asalkan sesuai dengan nilai input sensor yang telah ditetapkan pabrikan pembuatnya. Dan memang penggunaan Counter Relay ini harus selalu menggunakan sensor proximity sebagai input untuk menghasilkan output NO dan NC yang diinginkan sama persis dengan fungsi kerja sensor controller, sehingga pemanfaatannya bisa untuk bermacam macam wiring rangkaian automatis.


Fungsi dari Counter Relay ini adalah menghitung nilai nilai input (PV, Present Value) dari perangkat diteksi (Limit switch, DC(+)Volt atau Proximity switch) sampai tercapai nilai yang telah ditetapkan (SV, Set Value), untuk selanjutnya menggerakkan kontak internal NO dan NC nya. Pada type tertentu, nilai Set Value ini bisa diatur dalam 2 jenis penghitungan,. Yaitu penghitungan nilai naik dan penghitungan nilai menurun. Lihat gambar dibawah ini.



Counter Relay ini mempunyai fungsi NO dan NC output dalam hasil kerja penghitungannya, dan mampu membaca tiga jenis nilai input yang berbeda.
  • Contact signal input: Relay dan Limit switch
  • Electrical level signal input: tegangan Positip (+) (4V-30V)
  • Sensor signal input: Photoswitch approach switch dan Proximity input switch (NPN dan PNP)
Perhatikan gambar terminal yang terdapat pada Counter Relay dari 3 jenis type dibawah ini.


Pada gambar diatas, terdapat persamaan pada fungsi dasar Counter Relay, yaitu nilai input dari sensor dan nilai output pada kontak NC dan NO. selain itu juga ada fungsi reset yang bisa mengulang kembali perhitungan dari 0 kembali atau PV Present Value.
Electronic Digital Counter Relay ini bisa bekerja pada tegangan 36V, 110V, 127V, 220V, 380V 50/60HZ dan juga pada tegangan DC 24Volt pada type dan merk tertentu. Kemampuannya dalam menghitung nilai input pada Counter Relay diatas, bisa mencapai 1-9999(x1x10x100), dan mempunyai kapasitas contact NO dan NC internalnya VAC 250V /5A atau VDC28V /5A.

klik disini untuk membaca wiring diagram sederhana Counter Relay dengan Proximity Switch

______________________
http://electric-mechanic.blogspot.com
Facebook

Baca juga dibawah ini, dan silahkan beri komentar untuk masukan..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Elektro Mekanik | Design by Kenga Ads-template